Jumat, 08 Oktober 2010

tanaman herbal Sisik Naga (Drymoglossum piloselloides [L.] Presl.)

tanaman obat
tanaman obat Sisik naga dapat ditemukan di seluruh daerah Asia tropik,tumbuhan herbal ini merupakan tumbuhan epifit umbuhan yang menumpang pada pohon lain,tetapi bukan parasit karena dapat membuat makanan sendiri.

tanaman herbal sisik naga dapat ditemukan tumbuh liar di hutan,tempat-tempat lainnya yang agak lembab mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl.

tumbuhan obat ini tumbuh pada batang dan dahan pohon, akar rimpang panjang, kecil, merayap, bersisik, panjang 5-22 cm, akar melekat kuat. Daun yang satu dengan yang lainnya tumbuh dengan jarak yang pendek.tumbuh-tumbuhan obat sisik naga dapat diperbanyak dengan spora dan pemisahan akar.

Daun
TB paru disertai batuk darah,perdarahan, seperti luka berdarah, mimisan, berak darah, muntah darah, perdarahan pada perempuan,rematik,keputihan (leukore),kanker payudara,gondongan (parotitis),TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening (skrofuloderma),sakit kuning (jaundice),sukar buang air besar (sembelit), sakit perut,disentri,kencing nanah (gonore),batuk, abses paru-paru

Untuk herbal yang diminum
rebus 15-60 gram daun,air rebusannya minum.

Untuk herbal pemakaian luar
  • Gunakan air rebusan herba segar untuk mencuci kudis, koreng, atau berkumur bagi penderita sariawan,radang gusi. 
  • giling herbal segar sampai halus,bubuhkan ke tempat yang sakit pada penyakit kulit, seperti kudis, kurap, radang kulit bernanah, radang kuku,  luka berdarah.
 Radang gusi (gingivitis)
Cuci daun sisik naga secukupnya,lalu kunyah. Biarkan kunyahan tersebut cukup lama di bagian gusi yang meradang. Selanjutnya, buang ampasnya. Lakukan 3-4 kali sehari, sampai sembuh.

Rematik jaringan lunak (nonartikuler)
Cuci 15-30 gram daun sisik naga segar,rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas,saring dan air minum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Sariawan
Cuci 1 genggam daun sisik naga,rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit,Gunakan air saringannya untuk berkumur selagi hangat.

Menghentikan perdarahan
Cuci 30 gram daun sisik naga segar,giling halus. peras,saring,minum. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Sakit kuning (jaundice)
Cuci 15-30 gram daun sisik naga segar,rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa separonya,saring,minum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar